Home » Hidup Sehat » 4 Tips Nyaman Menyusui Saat Bayi Sudah Tumbuh Gigi

4 Tips Nyaman Menyusui Saat Bayi Sudah Tumbuh Gigi

4 Tips Nyaman Menyusui Beberapa ibu terasa bila menyusui bayi kembar secara bersamaan semakin menghemat waktu dan efisien. Walaupun begitu, menyusui dua bayi sekaligus betul-betul bukan hal yang mudah, apalagi jika belum terbiasa.

Berikut ini adalah beberapa cara dan status yang bisa Bunda coba untuk menyusui bayi kembar: 4 Tips Nyaman Menyusui

1. Status silang (double-cradle hold)
Dalam posisi duduk, timang Si Kembar pada tangan kanan dan kiri Bunda. Seterusnya, statuskan kedua pasang kaki Si Kembar bertindihan dari muka badan Bunda. Optimis kepala Si Kembar sejajar payudara dan bisa raih puting Bunda. 4 Tips Nyaman Menyusui

2. Status seperti mengimpit 2 tas di ketiak (double-clutch)
Di sofa atau tempat tidur, simpan bantal di kedua sisi tubuh Bunda, lalu taruh Si Kembar di bantal dengan status kepala dari muka payudara, sebentar kakinya berada di pinggang dan lewat ketiak Bunda.

Seterusnya, impit lembut badan mereka menggunakan siku seakan tengah mengimpit tas pesta acara di ketiak. Simpan telapak tangan berdi belakang kepala tiap bayi untuk menyokong dan menjaga kepala mereka sejajar dengan puting.

3. Status kombinasi (cradle-clutch)
Status ini ialah kombinasi dari kedua status di atas. Diantaranya bayi diimpit di ketiak, dan yang satunya kembali diposisikan di pangkuan.
4. Menggunakan bantal menyusui istimewa untuk bayi kembar
Untuk mempermudah, Bunda bisa kerjakan cara-cara di atas menggunakan bantal istimewa untuk menyusui bayi kembar. Bila tidak punya bantal ini, Bunda bisa menyiasatinya dengan menggulung handuk atau selimut sebagai pendukung. Dengan suport bantal ini, gerakan Bunda semakin bebas dan mudah waktu menyusui.
Optimis bayi menyusu pada payudara lainnya setiap harinya. Misalnya, hari ini Si Kakak menyusu di payudara kanan dan Si Adik menyusu di payudara kiri, karenanya besoknya susui Si Kakak di payudara kiri dan Si Adik di payudara kanan.
Ini penting agar tubuh hasilkan jumlah susu yang sama di kedua payudara dan turunkan risiko tersumbatnya saluran susu, terutama bila diantaranya bayi menyusu makin banyak dibandingkan bayi yang lain. Selain itu, dengan mengganti pemandangan bayi tiap menyusu, matanya akan sering terlatih dan terstimulasi.
Jangan Takut Kekurangan ASI
Idenya, menyusui bayi kembar secara berkelanjutan memungkinkannya untuk ditangani. Bunda tak perlu kuatir kekurangan ASI, karena jumlah ASI yang dibikin akan sama “kemauan” bayi. Semakin sering Si Kecil menyusu, semakin banyak pula ASI yang Bunda dibikin.
Menyusui dua bayi sekaligus adalah satu halangan spesifik. Terkecuali persoalan status, menyusui bayi kembar bisa membuat Bunda kelelahan dan alami nyeri atau lebam pada puting.
error: Content is protected !!