Home » Hidup Sehat » Memahami Anatomi Kelenjar Payudara

Memahami Anatomi Kelenjar Payudara

Memahami Anatomi Kelenjar Anatomi payudara termasuk cukuplah kompleks. Walau ukuran dan wujud payudara pada tiap wanita beragam, anggota badan yang ini tersusun oleh susunan yang serupa. Berdasar terletak, anatomi kelenjar payudara terdiri jadi dua sisi, yakni:

Anatomi payudara sisi luar
Anatomi payudara sisi luar terdiri dari: Memahami Anatomi Kelenjar

Areola

Areola adalah tempat melingkar dibagian tengah payudara yang warna lebih gelap dibanding warna kulit disekelilingnya. Sepanjang dan sesudah periode kehamilan, diameter areola dapat jadi membesar dan kadang nampak lebih gelap. Memahami Anatomi Kelenjar

Puting
Puting adalah sisi payudara yang berupa bundar, kecil, dan mencolok dibagian tengah areola. Ukuran dan wujud puting payudara beragam pada tiap wanita dan pria. Memahami Anatomi Kelenjar
Tetapi, pada umumnya, puting payudara wanita memiliki ukuran semakin besar serta lebih padat dibanding puting payudara pria. Ini sebab puting payudara wanita mempunyai beberapa sela yang memungkinkannya ASI mengucur keluar dari kelenjar susu saat akan menyusui.
Kelenjar Montgomery berupa seperti tonjolan kecil dan ada di seputar puting dan areola. Kelenjar ini berperan untuk hasilkan minyak alami kulit yang bisa memulasi dan melembapkan puting susu dan areola. Minyak itu berperan membuat perlindungan kulit payudara dari infeksi kuman.
Anatomi payudara sisi dalam
Anatomi sisi dalam payudara terdiri dari:
Lobus dan lobulus
Payudara wanita umumnya mempunyai seputar 15 sampai 20 lobus. Tiap lobus terdiri dari beberapa bagian kecil yang disebutkan lobulus. Lobulus atau kelenjar payudara adalah tempat ASI dibuat.
Berlainan dengan kelenjar payudara wanita, kelenjar payudara pada pria tidak mempunyai lobulus, hingga tidak dapat hasilkan ASI.
Duktus (aliran ASI)
Lobulus pada kelenjar payudara tersambung dengan aliran ASI atau duktus mamari. Waktu menyusui, ASI yang dibuat oleh lobulus akan mengucur lewat aliran itu dan bersumber di puting.
Kelenjar dan pembuluh limfa
Nyaris di tiap anggota badan ada kelenjar dan pembuluh getah bening yang berperan untuk hasilkan dan bawa cairan getah bening (limfa), tidak kecuali payudara. Cairan limfa pada payudara dibuat oleh kelenjar getah bening yang berada di ketiak, sisi atas tulang selangka, dan dada.
Cairan getah bening itu memiliki kandungan beberapa sel pembentuk ketahanan tubuh yang berperan untuk menolong badan menantang infeksi.
Jaringan lemak
Payudara berisi jaringan lemak yang berperan untuk menolong jaringan ikat dan penghubung payudara dalam menyokong dan menyokong susunan payudara. Makin banyak jaringan lemak pada payudara, makin besar ukuran payudara seorang.
Disamping itu, payudara terbagi dalam pembuluh darah dan saraf. Pembuluh darah berperan untuk menyalurkan oksigen dan gizi ke kelenjar payudara, sedang saraf memungkinkannya payudara untuk rasakan kesan dan mendukung proses menyusui.
error: Content is protected !!