Home » Hidup Sehat » Si Kecil Suka Menggigit Benda Begini Cara Menghentikan

Si Kecil Suka Menggigit Benda Begini Cara Menghentikan

Si Kecil Suka Meskipun adalah hal yang normal, rutinitas ini bukanlah tanpa ada resiko. Jika Sang Kecil kerap menggigit sembarangan benda, dia rawan terserang infeksi bila benda yang digigitnya kotor. Bukan hanya itu, dia bisa juga saja alami luka pada mulutnya, terselak, atau bahkan juga keracunan.

Panduan Hentikan Rutinitas Menggigit Benda pada Anak
Supaya rutinitas Sang Kecil menggigiti benda tidak bersambung, Bunda bisa mengaplikasikan beberapa panduan berikut ini: Si Kecil Suka

1. Tidak boleh meneriakinya
Balita akan menggigit benda apa yang membuat ingin tahu. Saat Bunda mendapati Sang Kecil sedang menggigit beberapa benda yang bukan mainannya, janganlah lekas meneriakinya. Kecuali membuat terkejut, meneriaki Sang Kecil bisa juga membuat takut untuk belajar. Si Kecil Suka

Dibanding meneriaki Sang Kecil, Bunda dapat melarang secara halus tetapi keras. Cukup ucapkan “jangan”. Kemudian, Bunda dapat tarik benda itu dan singkirkannya jauh. Bunda dapat menukar benda barusan dengan benda yang lain lebih aman.
2. Beri teether
Sama seperti yang sudah diterangkan di atas, tumbuh gigi bisa membuat gusi Sang Kecil berasa tidak nyaman dan membuat pengin menggigit. Sayang, sembarangan mengigit malah bisa membuat gusi Sang Kecil makin sakit, terutama bila benda yang digigit tidak bersih atau banyak kuman.
Nah, supaya Sang Kecil masih dapat menggigit benda dengan aman dan tidak beresiko terkena kuman, Bunda dapat memberi teether atau mainan gigi. Sebab berbahan empuk, teether nyaman dan aman untuk gusi Sang Kecil. Disamping itu, teether bisa juga dicuci setiap akan dipakai. Bila tidak mempunyai teether, Bunda dapat memberi handuk bersih untuk digigit oleh Sang Kecil.
3. Beri cemilan sehat
Panduan yang lain dapat Bunda aplikasikan untuk hentikan rutinitas Sang Kecil menggigit benda ialah memberinya cemilan sehat, sebab bisa saja Sang Kecil menggigiti benda sebab dia lapar. Cemilan sehat ini dapat berbentuk makanan finger food, seperti sayur rebus, buah potong, dan sereal.
4. Yakinkan Sang Kecil memperoleh beristirahat cukup
Rutinitas menggigit benda pada beberapa anak tidak selalu masalah mengeskplorasi lingkungan sekelilingnya atau karena tumbuh gigi. Anak-anak suka juga mengeskpresikan rasa geram atau capek dengan menggigit benda.
Oleh karenanya, yakinkan Sang Kecil cukup tidur ya, Bunda. Selekasnya ajak Sang Kecil untuk tidur jika dia telah nampak mengantuk dan rewel.
Rutinitas menggigit benda adalah langkah bayi dan balita untuk menurunkan merasa tidak nyaman di gusi, berbicara, dan belajar. Supaya rutinitas ini tidak malahan membuat Sang Kecil sakit atau terluka, Bunda dapat mengaplikasikan beberapa tips di atas.
Disamping itu, upayakan selalu untuk memantau Sang Kecil ketika bermain jika dia sedang gaungs-gemasnya menggigiti benda. Ingat, tidak boleh tinggalkan Sang Kecil bermain sendirian dan jauhi beberapa benda beresiko dari capaian Sang Kecil ya, Bunda.
error: Content is protected !!