Home » Hidup Sehat » Ikuti 4 Langkah Menyusui Bayi Kembar Berikut

Ikuti 4 Langkah Menyusui Bayi Kembar Berikut

Ikuti 4 Langkah Beberapa ibu berasa jika menyusui bayi kembar secara bertepatan makin lebih mengirit waktu dan efektif. Walau demikian, menyusui dua bayi sekalian benar-benar bukan hal yang gampang, apa lagi bila belum terlatih.

Di bawah ini ialah cara-cara dan status yang dapat Bunda coba untuk menyusui bayi kembar: Ikuti 4 Langkah

1. Status silang (double-cradle hold)
Dalam sikap duduk, timang Sang Kembar pada tangan kanan dan kiri Bunda. Selanjutnya, statuskan ke-2 pasang kaki Sang Kembar bertindihan di muka tubuh Bunda. Yakinkan kepala Sang Kembar sejajar payudara dan dapat capai puting Bunda. Ikuti 4 Langkah

2. Status seperti mengimpit 2 tas di ketiak (double-clutch)
Di sofa atau tempat tidur, taruh bantal di ke-2 segi badan Bunda, lalu tempatkan Sang Kembar di bantal dengan status kepala di muka payudara, sesaat kakinya ada di pinggang dan melalui ketiak Bunda.

Selanjutnya, impit halus tubuh mereka memakai siku seolah tengah mengimpit tas acara pesta di ketiak. Taruh telapak tangan ada di belakang kepala setiap bayi untuk menyangga dan jaga kepala mereka sejajar dengan puting.
3. Status gabungan (cradle-clutch)
Status ini adalah gabungan dari ke-2 status di atas. Salah satunya bayi diimpit di ketiak, dan yang satunya kembali diposisikan di pangkuan.
4. Memakai bantal menyusui spesial untuk bayi kembar
Untuk memudahkan, Bunda dapat lakukan beberapa cara di atas memakai bantal spesial untuk menyusui bayi kembar. Jika tidak punyai bantal ini, Bunda dapat mengakalinya dengan menggulung handuk atau selimut selaku penunjang. Dengan dukungan bantal ini, pergerakan Bunda makin lebih bebas dan gampang waktu menyusui.
Yakinkan bayi menyusu pada payudara yang lain sehari-harinya. Misalkan, ini hari Sang Kakak menyusu di payudara kanan dan Sang Adik menyusu di payudara kiri, karena itu besoknya susui Sang Kakak di payudara kiri dan Sang Adik di payudara kanan.
Ini penting supaya badan menghasilkan jumlah susu yang serupa di ke-2 payudara dan kurangi resiko mampetnya aliran susu, terlebih jika salah satunya bayi menyusu semakin banyak dibanding bayi lainnya. Disamping itu, dengan menukar panorama bayi setiap menyusu, matanya akan seringkali terbiasa dan terstimulasi.
Tidak boleh Takut Kekurangan ASI
Konsepnya, menyusui bayi kembar secara berkepanjangan memungkinkan untuk dikerjakan. Bunda tidak perlu cemas kekurangan ASI, sebab jumlah ASI yang dibuat akan sesuai “keinginan” bayi. Makin kerap Sang Kecil menyusu, makin banyak juga ASI yang Bunda dibuat.
Menyusui dua bayi sekalian merupakan satu rintangan tertentu. Kecuali permasalahan status, menyusui bayi kembar dapat membuat Bunda kecapekan dan alami ngilu atau bengkak pada puting.
error: Content is protected !!