Home » Kesehatan Gigi » Mengenal Macam macam Hormon pada Wanita dan Fungsinya

Mengenal Macam macam Hormon pada Wanita dan Fungsinya

Mengenal Macam macamHormon progesteron punya pengaruh pada transisi menstruasi dan ovulasi. Waktu wanita alami ovulasi atau lagi ada di periode subur, hormon progesteron akan menolong menyiapkan susunan dalam kandungan yang disebutkan endometrium untuk terima sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma.


Sepanjang kehamilan, kandungan hormon progesteron pada tubuh masih tinggi. Ini menahan badan hasilkan sel telur baru dan menyiapkan badan untuk produksi ASI. Jika tidak ada pembuahan, kandungan hormon progesteron pada tubuh akan turun dan memacu menstruasi. Mengenal Macam macam

Sejumlah besar hormon estrogen dibuat di ovarium atau indung telur. Disamping itu, hormon ini dibuat oleh kelenjar adrenal dan plasenta, tapi cuman dengan jumlah yang sedikit. Mengenal Macam macam


Hormon estrogen berperan untuk menolong perubahan dan perombakan badan waktu pubertas, terhitung perubahan peranan organ seksual, dan pastikan proses ovulasi dalam transisi menstruasi bulanan.

Hormon ini berperanan dalam proses keluarnya ASI sesudah persalinan, mengendalikan mood atau situasi hati,

Pengurangan produksi estrogen bisa memunculkan bermacam masalah, seperti menstruasi yang tidak teratur, vagina kering, situasi hati tidak pasti, menopause, dan osteoporosis pada wanita lansia.
Kandungan hormon testosteron yang ada dalam tubuh wanita benar-benar tidak sekitar pada pria, tetapi hormon ini masih mempunyai peranan yang perlu untuk kesehatan wanita. Hormon testosteron berperanan dalam mengendalikan libido atau nafsu seksual dan mempertahankan kesehatan vagina, payudara, dan kesuburan.
LH pada wanita bekerja untuk menolong badan mengendalikan transisi menstruasi dan ovulasi. Oleh karenanya, hormon ini berperanan dalam periode pubertas. Hormon ini dibuat oleh kelenjar hipofisis di otak.
Biasanya, kandungan hormon LH pada wanita akan bertambah waktu menstruasi dan sesudah menopause. Kandungan LH yang begitu tinggi dalam tubuh wanita bisa menyebabkan permasalahan reproduksi.
Sama seperti dengan hormon LH, hormon FSH dibuat di kelenjar hipofisis dan berperanan penting dalam mekanisme reproduksi. Hormon ini menolong mengatur transisi menstruasi dan produksi sel telur di ovarium.
Kandungan hormon FSH yang rendah mengisyaratkan jika wanita tidak alami ovulasi, ada masalah pada kelenjar hipofisis, atau juga bisa mengisyaratkan kehamilan. Kebalikannya, hormon FSH yang tinggi bisa mengisyaratkan wanita masuk periode menopause, ada tumor di kelenjar hipofisis, atau tanda-tanda dari sindrom Turner.
Hormon oksitosin yang dibuat oleh kelenjar hipofisis di otak ini biasanya akan bertambah sepanjang kehamilan, terutamanya saat mendekati persalinan.
Saat kandungan hormon bertambah, kandungan akan terangsang untuk kontraksi dan menyiapkan proses persalinan. Sesudah melahirkan, oksitosin akan menggairahkan kelenjar payudara untuk hasilkan ASI.
Tiap hormon wanita mempunyai peran penting pada kesehatan, terhitung tentukan wujud badan wanita. Untuk jaga kesetimbangan hormon pada tubuh, Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan sehat, teratur olahraga, batasi mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat, kurangi depresi, dan tidur yang memadai.
error: Content is protected !!