Home » Kesehatan Gigi » Ini Dia Perawatan setelah Operasi Katarak

Ini Dia Perawatan setelah Operasi Katarak

Ini Dia Perawatan Operasi katarak dikerjakan dengan keluarkan lensa yang kotor ini lewat satu irisan kecil pada bola mata dan mengubahnya dengan lensa bikinan (artifisial) yang jernih.

Sesudah operasi katarak, mata biasanya akan berasa berpasir, kurang nyaman, atau terlihat kemerahan sepanjang hari-hari. Ini normal berlangsung selama saat pengobatan. Umumnya, beberapa gejala itu akan raib dan pandangan pasien akan kembali jernih dalam kurun waktu 6-8 minggu. Ini Dia Perawatan

Supaya proses pemulihan sesudah operasi katarak berjalan secara baik, ada langkah-langkah perawatan yang bisa dikerjakan, yakni: Ini Dia Perawatan

Memakai obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter. Yakinkan tangan telah dibersihkan sampai bersih saat sebelum memakai obat tetes mata. Dongakkan kepala dan ambil perlahan-lahan kelopak mata sisi bawah. Teteskan obat ke dalam mata, tutup mata, dan usap cairan yang berlebihan dengan tisu atau lap bersih. Menjaga supaya mulut botol obat tidak sentuh mata atau kulit, supaya obat tidak tercemar.
Pakai penutup mata atau kaca mata perlindungan yang diberi oleh dokter. Penutup mata perlu dipakai waktu tidur sepanjang sekurang-kurangnya satu minggu.
Mandi dan keramas seperti umumnya. Tetapi, perlindungan mata tetap harus digunakan untuk menahan air, sabun, atau shampo masuk di dalam mata.
Sama dengan proses operasi yang lain, operasi katarak juga mempunyai resiko. Tetapi, dengan perawatan yang pas, resiko berlangsungnya kompleksitas ini bisa diminimalisir. Di bawah ini ialah resiko yang bisa berlangsung sesudah operasi katarak:
Dengan lakukan beberapa langkah perawatan yang pas sesudah operasi katarak, diinginkan resiko berlangsungnya kompleksitas bisa didesak seminimal kemungkinan.
Jika bermacam keluh kesah sesudah operasi katarak tidak juga surut, mata bengap, sangat terasa lekat, atau pandangan tidak jernih sesudah lebih dari satu minggu, cepatlah kontrol kembali pada dokter.
Membersihkan mata 2 kali satu hari sepanjang dua minggu, sebab proses pengobatan dan pemakaian obat tetes bisa membuat tempat seputar mata jadi lekat. Yakinkan tangan sudah dibersihkan sampai bersih, lalu celupkan lap bersih ke air yang sudah direbus dan didinginkan. Usap halus dari pojok mata di dekat hidung sampai pojok mata di dekat telinga. Jauhi mendesak mata atau membersihkan mata langsung sama air.
error: Content is protected !!