Home » Kesehatan Gigi » Tanda Kemunculan Gigi Pertama Bayi dan Cara Menanganinya

Tanda Kemunculan Gigi Pertama Bayi dan Cara Menanganinya

Tanda Kemunculan Gigi Proses perkembangan gigi pertama bayi dikenali dengan arti teething syndrome. Waktu gigi susu mulai berkembang, bayi akan memperlihatkan beberapa sinyal yang umumnya berjalan seputar 8 hari. Pertanda timbulnya gigi pertama bayi mencakup:

1. Dorongan untuk menggigit
Pada babak ini, bayi selalu pengin menggigit beberapa benda disekelilingnya. Ini muncul karena bayi berasa sakit di gusinya. Ia membutuhkan suatu hal untuk digigit buat kurangi rasa ngilu itu. Tanda Kemunculan Gigi

2. Sulit makan
Tumbuhnya gigi susu akan mengakibatkan gusi sobek hingga berasa sakit, dan konsumsi makanan akan membuat gigi dan gusinya makin berasa sakit. Berikut argumen bayi jadi sulit makan saat tumbuh gigi. Tanda Kemunculan Gigi

3. Jumlah air liur bertambah
Iritasi pada gusi waktu gigi pertama tumbuh membuat produksi air liur bertambah, hingga bayi jadi ngeces. Nah, waktu Sang Kecil kerap ngeces sebab gigi pertama kalinya ingin tumbuh, Bunda harus rajin bersihkan air liur yang menetes dari mulutnya, supaya tidak mengakibatkan iritasi atau ruam kulit di seputar mulut.
4. Menangis dan tidur terusik
Merasa sakit karena perkembangan gigi dapat membuat bayi berasa tidak nyaman, hingga dia jadi rewel dan menangis. Merasa sakit itu dapat mengakibatkan tidurnya terusik.
5. Demam, diare, pilek, dan batuk
Beberapa orang tua memandang jika teething dapat mengakibatkan bayi alami demam, diare, pilek, atau batuk. Menurut riset, demam, pilek, dan pilek muncul bukan lantaran teething, tapi sebab ada infeksi.
Kecuali demam, bayi dapat alami batuk sebab pengingkatan produksi air liur di mulutnya, dan diare sebab kerap menggigit beberapa benda yang tidak terjaga kebersihannya.
Tangani Tanda-tanda Munculnya Gigi Pertama Bayi
Bunda tak perlu cemas bila Sang Kecil rewel, demam, atau kerap ngeces, karenanya adalah hal yang lumrah. Untuk menurunkan tanda-tanda tumbuh gigi yang dirasa Sang Kecil waktu gigi pertama kalinya tampil, Bunda bisa lakukan banyak hal berikut ini:
Konsultasi sama dokter
Dokter akan memberi beberapa obat, misalkan teething gel yang memiliki kandungan benzocaine, lidocaine, atau choline salicylate untuk kurangi rasa ngilu. Gel ini harus dipakai dengan berhati-hati sama panduan dokter sebab beresiko mengakibatkan efek berbentuk abnormalitas darah (methemoglobinemia).
Memberi teething ring
Teething ring adalah alat tolong yang dibuat dari karet. Alat ini dipakai dengan digigit oleh bayi untuk menggairahkan perkembangan giginya. Teething ring banyak dipasarkan di apotek atau toko peralatan bayi dengan mode yang lucu dan warna yang memikat untuk anak.
Memberi buah dan sayur
Untuk kurangi rasa ngilu pada gusi Sang Kecil, Bunda bisa memberi sayur-sayuran, buah-buahan, atau makanan lain dengan struktur yang cukup keras, misalkan wortel, ketimun, apel, dan biskuit. Desakan pada gusi waktu bayi menggigit makanan itu bisa kurangi iritasi di gusinya.
error: Content is protected !!