Home » Kesehatan Tubuh » Ragam Penyebab Nyeri Panggul

Ragam Penyebab Nyeri Panggul

Ragam Penyebab Nyeri Pelepasan sel telur dari indung ovarium yang berlangsung pada periode ovulasi bisa mengakibatkan iritasi dan munculkan merasa sakit pada perut sisi kanan atau kiri bawah. Ngilu ini umumnya tiba mendekati menstruasi dan akan raib dalam beberapa saat sesudah tampil.

2. Radang usus buntet
Radang usus buntet bisa mengakibatkan ngilu panggul, khususnya pada tempat perut kanan bawah. Ngilu panggul yang berasal dari radang usus buntet dapat berasa semakin menyakitkan waktu Anda batuk, berjalan atau lakukan gerakan yang cepat. Umumnya ngilu ini dibarengi tanda-tanda lain seperti demam, mual, dan muntah. Ragam Penyebab Nyeri

Radang usus buntet ditangani dengan operasi apendektomi. Operasi ini umumnya tidak genting. Tetapi, bila radang sangat kronis dan memunculkan kompleksitas, umumnya operasi harus dikerjakan selekasnya.

3. Infeksi aliran kemih
Infeksi aliran kemih (ISK) dapat mengakibatkan ngilu pada perut bawah sisi tengah. Kecuali ngilu panggul, ISK diikuti dengan tanda-tanda berbentuk ngilu waktu buang air kecil, urine warna kotor dan susah untuk meredam buang air kecil.

Infeksi aliran kemih terhitung gampang untuk diobati bila diketemukan secara cepat. Tetapi, jika didiamkan lama dan tidak dibawa, ISK dapat mengakibatkan kompleksitas yang beresiko seperti infeksi ginjal.

4. Irritable bowel syndrome (IBS)
Pemicu ngilu panggul selanjutnya ialah irritable bowel syndrome (IBS). IBS bukan hanya memunculkan merasa sakit pada tempat panggul, tetapi juga masalah pencernaan seperti kram perut, rasa kembung, sembelit, atau diare. Keadaan ini terkait kuat dengan depresi. Jadi, bila ngilu panggul tampil saat Anda sedang depresi, peluang itu ialah IBS.
5. Radang panggul
Radang panggul beresiko dirasakan wanita yang menanggung derita penyakit infeksi menyebar seksual, kerap bertukar pasangan seksual, berhubungan seks tanpa ada kondom, dan memakai alat kontrasepsi IUD (spiral).
Kecuali ngilu panggul, keluh kesah yang lain mengikuti radang panggul salah satunya ngilu waktu BAK, ngilu waktu berhubungan seks, dan keputihan atau perdarahan dari kemaluan. Radang panggul perlu selekasnya diatasi saat diketemukan. Jika didiamkan dalam waktu yang lama, keadaan ini bisa mengakibatkan kemandulan.
6. Batu ginjal
Rasa ngilu yang dirasa pada batu ginjal sesungguhnya bergantung pada status batu di aliran kemih, dimulai dari ginjal sampai alat kelamin. Ngilu panggul bisa dirasa waktu batu ginjal sedang berjalan ke arah kandungan kemih.
Kecuali ngilu panggul, sepanjang perjalanannya, batu dapat memunculkan rasa ngilu di punggung, perut dan alat kelamin. Keluh kesah yang lain mengikuti bisa berbentuk kencing berdarah, BAK cuman sedikit-sedikit, mual, dan muntah.
error: Content is protected !!