Home » Kesehatan Gigi » Proses Pertumbuhan dan Cara Merawatnya

Proses Pertumbuhan dan Cara Merawatnya

Proses Pertumbuhan dan Gigi susu adalah gigi pertama anak saat sebelum tampil gigi tetap. Perkembangan gigi susu umumnya mempunyai posisi spesifik. Walau nanti akan tanggal, gigi susu perlu tetap dirawat secara baik sebab akan mempengaruhi perkembangan gigi tetap anak.

Gigi susu mempunyai banyak peranan, diantaranya selaku penjaga ruangan untuk gigi tetap, membuat muka, dan menolong anak berbicara secara jelas, tersenyum, dan kunyah makanan secara baik. Proses Pertumbuhan dan

Pembangunan benih gigi diawali semenjak anak masih juga dalam kandung. Proses pembangunan gigi ini benar-benar tergantung pada konsumsi gizi ibu sepanjang hamil. Supaya gigi anak bisa tercipta dengan prima, ibu hamil harus memperoleh konsumsi kalsium, fosfor, vitamin C, dan vitamin D yang cukup. Proses Pertumbuhan dan

Gigi susu akan tampil waktu bayi berumur 6-12 bulan. Gigi susu tumbuh secara setahap dan akan komplet waktu anak berumur tiga tahun. Waktu munculnya gigi susu pada anak berbeda. Hal itu bisa dikuasai oleh ras, etnik, demografi, dan konsumsi gizi anak.
Jumlah keseluruhan gigi susu anak ialah 20 buah, terbagi dalam 8 gigi depan (gigi seri), 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Berikut posisi tumbuhnya gigi susu:
Sesudah berumur 4 tahun, rahang dan tulang muka akan berkembang dan tumbuh untuk membuat ruang untuk gigi tetap atau gigi masih.
Perkembangan gigi anak akan masuk masa gigi bersatu pada umur 6-12 tahun. Pada masa ini, anak telah mempunyai gigi tetap, tetapi masih tetap mempunyai gigi susu.
Langkah Menjaga Gigi Susu
Kebersihan gigi dan mulut anak perlu dijaga waktu gigi susu pertama kalinya tumbuh. Ini supaya gigi susu dapat tumbuh secara baik, hingga perkembangan gigi permanennya kelak akan baik. Ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk menjaga gigi susu anak, yakni:
Bersihkan gigi anak secara teratur, dengan kain kasa yang telah dibasahi air atau mungkin dengan sikat gigi yang halus.
Tidak biarkan anak tidur sekalian minum susu botol (ngedot), sebab rutinitas ini dapat mengakibatkan gigi susu berlubang.
Periksakan gigi anak secara periodik ke dokter gigi, semenjak gigi pertama kalinya tumbuh.

Perkembangan gigi susu pada anak dapat diawali pada umur yang berbeda, dan terkadang posisinya pun tidak sama seperti yang sudah disebut sebelumnya. Walau demikian, bila gigi susu anak tidak tampil sesudah umurnya satu tahun atau posisi tumbuh giginya jauh telat dari agenda yang semestinya, seharusnya membawa anak ke dokter gigi untuk pengecekan selanjutnya.

error: Content is protected !!