Home » Kesehatan Jantung » Mengenal Lebih Jauh Retinopathy of Prematurity

Mengenal Lebih Jauh Retinopathy of Prematurity

Mengenal Lebih Jauh Pada intinya, pembuluh darah dan jaringan retina janin mulai tercipta dan berkembang waktu umur kehamilan masuk minggu ke-16. Sisi mata janin ini akan makin berkembang sampai bisa berperan secara baik sesudah dia dilahirkan cukup bulan (di atas 38 minggu).

Saat bayi dilahirkan begitu cepat atau tercipta prematur, retina mata bayi belum berkembang dengan prima, hingga tidak bisa berperan secara baik. Ini bisa membuat penglihatannya terusik. Keadaan berikut yang disebutkan Retinopathy of Prematurity (ROP). Mengenal Lebih Jauh

Makin cepat bayi dilahirkan, karena itu makin tinggi resikonya untuk terserang Retinopathy of Prematurity (ROP). Keadaan ini lebih beresiko berlangsung pada bayi kembar yang tercipta prematur. Mengenal Lebih Jauh

Pemicu Retinopathy of Prematurity (ROP)
ROP berasal dari begitu cepatnya bayi dilahirkan, hingga retinanya belumlah cukup berkembang dalam kandung.

Sampai sekarang ini, pemicu tentu berlangsungnya hal itu masih belum tahu dengan tentu. Tetapi, ada faktor-faktor resiko yang bisa mengakibatkan bayi prematur lebih rawan terserang ROP
Diketemukan ada perkembangan pembuluh darah yang abnormal di retina, tapi masih sedikit. Umumnya bayi dengan ROP fase I bisa lebih baik sendirinya tanpa ada penyembuhan bersamaan bertambahnya umur. ROP fase I biasanya tidak mengusik pandangan.
Fase II
Pada fase II, diketemukan lumayan banyak perkembangan pembuluh darah yang abnormal di seputar retina. Sama dengan fase I, bayi dengan ROP fase II tidak membutuhkan penyembuhan dan bersamaan bertambahnya umur penglihatannya akan normal.
Fase III
Pada ROP fase III, pembuluh darah abnormal di seputar retina banyak, hingga tutupi retina. Ini bisa mengusik kekuatan retina mata dalam mendukung pandangan.
Pada beberapa masalah, bayi dengan ROP fase III bisa lebih baik tanpa ada penyembuhan dan mempunyai pandangan yang normal. Tetapi, jika pembuluh darah retina makin jadi membesar dan perkembangannya makin banyak, karena itu penyembuhan perlu dikerjakan untuk menahan robekan retina.
Fase IV
Pada ROP fase IV, keadaan retina mata bayi telah terpisah atau koyak beberapa dari bola mata. Ini sebab tumbuhnya pembuluh darah abnormal di seputar retina menarik retina menjauhi dinding mata. Bayi dengan ROP fase IV harus selekasnya memperoleh pengatasan supaya tercegah dari kebutaan.
Fase V
ROP fase V adalah keadaan yang paling kronis di mana retina mata telah lepas dari bola mata seutuhnya. Keadaan ini harus selekasnya diobati sebab bisa mengakibatkan masalah pandangan atau kebutaan tetap bila tidak selekasnya diatasi.
error: Content is protected !!