Home » Olahraga » Mengenal Eritema Jenis Penyebab dan Penanganannya

Mengenal Eritema Jenis Penyebab dan Penanganannya

Mengenal Eritema Jenis Eritema nodosum ialah type eritema yang tampil karena infeksi pada susunan lemak di bawah kulit. Eritema nodosum bisa memunculkan bintik-bintik kemerahan pada tungkai bawah merasa ngilu saat didesak. Bintik kemerahan karena eritema nodosum terkadang bisa juga ada di paha dan lengan.

Eritema multiformis ialah penyakit infeksi di kulit yang umumnya dipacu oleh infeksi atau efek beberapa obat. Eritema mutiformis terdiri jadi dua tipe, yakni eritema multiformis minor dan eritema multiformis mayor. Mengenal Eritema Jenis

Eritema multiformis minor umumnya diikuti dengan tanda-tanda berbentuk timbulnya bintik kemerahan yang melepuh di kulit. Mengenal Eritema Jenis

Sedang eritema multiformis mayor diikuti dengan timbulnya bintik kemerahan dan lepuhan di kulit yang dibarengi demam tinggi dan ngilu otot dan persendian. Kecuali di kulit, lepuhan dan bintik eritema multiformis mayor bisa juga ada di mulut, konjungtiva (susunan dalam kelopak mata), hidung, vagina, atau anus.

Eritema infektiosum ialah penyakit yang memunculkan bintik kemerahan di kulit karena infeksi virus parvovirus B19. Virus ini menebar lewat contact langsung dengan cairan atau lendir dari hidung atau mulut orang yang terkena.
Penyakit ini biasanya serang beberapa anak umur 5-15 tahun, tetapi juga bisa dirasakan oleh orang dewasa. Eritema infektiosum bisa memunculkan gejala-gejala, diantaranya demam, hidung meler, sakit di kepala, ruam atau bintik merah di pipi, dan bengkak dan ngilu persendian.
Pengatasan Eritema Berdasar Macamnya
Di bawah ini ialah langkah-langkah pengatasan eritema berdasar macamnya:
1. Pengatasan eritema nodosum
Tanda-tanda eritema nodosum kerap kali bisa raib sendirinya dalam kurun waktu 3-6 minggu. Tetapi, penyakit sebagai pemicunya masih harus dipahami agar diobati.
Sama dengan eritema nodosum, penyembuhan eritoma multiformis dikerjakan berdasar pemicu yang memicunya. Misalnya, bila eritema berasal dari alergi obat, karena itu dokter akan merekomendasikan pasien untuk stop konsumsi obat itu.
Eritema infektiosum umumnya akan raib sendirinya. Penderitanya juga umumnya akan pulih dan sembuh seutuhnya. Dokter kemungkinan cuma akan memberi resep obat menurunkan demam dan penurun ngilu, seperti paracetamol atau ibuprofen.
error: Content is protected !!