Home » Kesehatan Gigi » Mengenal Bagian Otak dan Fungsinya Bagi Tubuh

Mengenal Bagian Otak dan Fungsinya Bagi Tubuh

Mengenal Bagian Otak Bersama saraf tulang belakang, otak berperanan selaku pusat kendalian badan dan membuat mekanisme saraf pusat (SSP). Mekanisme saraf berikut yang selanjutnya bekerja bersama dengan mekanisme saraf pinggir untuk memberikan kekuatan manusia dalam lakukan bermacam rutinitas, seperti berjalan, bicara, bernapas, sampai minum dan makan.

Sisi Otak dan Perannya
Otak mempunyai 3 sisi khusus, yakni otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan tangkai otak (brainstem). Di bawah ini penuturannya: Mengenal Bagian Otak

Otak besar (cerebrum)
Cerebrum adalah sisi paling besar dari otak. Cerebrum terdiri jadi 2 sisi, yakni otak kanan dan otak kiri. Belahan otak kanan berperan untuk mengatur gerakan disamping kiri badan dan belahan otak kiri mengatur pergerakan disamping kanan badan. Mengenal Bagian Otak

Permukaan luar cerebrum disebutkan cerebral cortex. Sisi ini adalah tempat otak di mana sel saraf membuat jaringan yang disebutkan sinaps. Sinaps adalah mekanisme saraf yang mengatur rutinitas otak.
Sesaat sisi dalam cerebrum memiliki kandungan beberapa sel saraf terselubung (mielin) yang berperanan dalam sampaikan info di antara otak dan saraf tulang belakang. Otak besar dipisah kembali jadi 4 sisi, yakni:
Otak kecil berada di bawah otak besar di bagian belakang otak, persisnya di bawah lobus oksipital. Sama dengan otak besar, otak kecil mempunyai 2 belahan.
Otak kecil bertanggungjawab dalam mengatur pergerakan, jaga kesetimbangan, dan mengendalikan status dan pengaturan pergerakan badan. Sisi otak ini berperanan dalam mengatur pergerakan lembut, seperti menulis dan melukis.
Tangkai otak (brainstem)
Tangkai otak ialah seikat jaringan saraf di landasan otak. Perannya selaku stasiun pemancar yang menyambungkan otak besar ke saraf tulang belakang, dan kirim dan terima pesan di antara bermacam anggota badan dan otak.
Tangkai otak terbagi dalam 3 susunan khusus, yaitu otak tengah, pons, dan medulla oblongata. Otak tengah ialah pusat pengontrol pergerakan otot mata, sedang pons terjebak dalam pengaturan pergerakan mata dan otot muka, pendengaran, dan kesetimbangan.
Sisi Penting Otak Yang lain
Kecuali ke-3 susunan khusus di atas, ada beberapa bagian otak yang lain yang juga sangat penting, yakni:
1. Cairan serebrospinal
Cairan serebrospinal warna bening dan jernih yang melingkari dan membuat perlindungan otak dan saraf tulang belakang. Kecuali membuat perlindungan otak dan saraf tulang belakang, cairan ini berperan untuk bawa gizi lewat darah ke otak, dan hilangkan produk sampah atau tersisa metabolisme dari otak.
error: Content is protected !!