Home » Kesehatan Tubuh » Ketahui Prosedur Pemeriksaan Protein Urine

Ketahui Prosedur Pemeriksaan Protein Urine

Ketahui Prosedur Pemeriksaan Mengakibatkan, keadaan ginjal yang bocor itu akan membuat beberapa protein terbuang lewat urine. Untuk tentukan apa ada masalah ginjal yang diikuti dengan terbuangnya protein melaui urine, dibutuhkan pengecekan protein urine.

Dokter umumnya akan merekomendasikan pengecekan protein urine selaku sisi dari medical check-up atau test urine teratur. Ketahui Prosedur Pemeriksaan

Tetapi, di luar kepentingan itu, dokter kerap kali akan merekomendasikan pengecekan protein urine pada pasien dengan penyakit diabetes, darah tinggi, atau masalah ginjal. Ketahui Prosedur Pemeriksaan

Disamping itu, pengecekan urine umumnya dikerjakan pada ibu hamil untuk mengetahui apa ada protein pada urine yang disebut salah satunya sinyal preeklamsia.

Penyiapan Saat sebelum Pengecekan Protein Urine
Saat sebelum lakukan pengecekan protein urine, dokter umumnya akan bertanya apa Anda sedang jalani konsumsi beberapa obat spesifik, baik obat bebas atau obat resep.

Beberapa obat spesifik bisa mempengaruhi kandungan protein dalam urine, hingga Anda kemungkinan disuruh untuk hentikan konsumsi obat untuk beberapa waktu. Beberapa obat yang bisa mempengaruhi hasil pengecekan protein urine diantaranya:

Waktu akan jalani pengecekan protein urine, Anda pun kemungkinan dianjurkan oleh dokter untuk banyak minum air dan menghindar olahraga atau rutinitas fisik berat sepanjang beberapa saat.
Ambil Contoh untuk Pengecekan Protein Urine
Pengecekan protein urine terdiri dari 2 tipe, yakni pengecekan urine pada saat dan pengecekan urine 24 jam. Pengecekan urine 24 jam ini dikerjakan pada contoh urine yang terkumpul dalam kurun waktu 24 jam paling akhir. Proses ambil contoh dapat dikerjakan di laboratorium atau di dalam rumah.
Dalam pengecekan urine acak, kandungan normal protein dalam urine sekitar di antara 0-20 mg/dL. Sesaat untuk pengecekan protein urine 24 jam, nilai umumnya ialah kurang dari 80 mg/dL. Meskipun begitu, standard nilai normal protein urine dapat berbeda bergantung laboratorium tempat Anda jalani pengecekan.
Test urine acak dapat dikerjakan setiap waktu. Tetapi, bila dikerjakan di dalam rumah, lakukan ambil dan penyimpanan contoh sama instruksi dokter atau petugas laboratorium.
Waktu contoh urine sudah terkumpul, umumnya petugas laboratorium akan tuliskan nama Anda dan tanggal dan wakti ambil contoh urine. Anda selanjutnya dapat disuruh untuk menyamakan nama supaya tidak ada kekeliruan dalam pengecekan urine.
Jika contoh urine dihimpun di dalam rumah dan tidak mungkin untuk selekasnya dibawa ke laboratorium, taruhlah tempat contoh di kulkas atau tempat tertutup berisi es. Dalam 24 jam sesudah ambil contoh, contoh urine harus dibawa ke laboratorium untuk dikaji.
Hasil Pengecekan Protein Urine
Sesudah contoh dihimpun, dokter atau petugas laboratorium akan lakukan riset untuk memandang kandungan protein urine. Pengecekan protein urine dapat dikerjakan dengan sistem test celup atau dip stick dan sistem kuantitatif memakai mesin spesial.
error: Content is protected !!