Home » Kesehatan Gigi » Kenali Penyebab Baby Blues dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Baby Blues dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Baby Baby blues bisa diawali semenjak minggu awal sesudah melahirkan dan biasanya bertahan sampai dua minggu. Keluh kesah benar-benar tidak terus-terusan dirasa, tetapi raib muncul. Walau bagaimanapun, keluh kesah ini harus ditangani secara baik supaya tidak berkembang jadi stres pascamelahirkan (postpartum depression).

Macam Pemicu Baby Blues
Sampai sekarang ini, belum pemicu baby blues belum tahu dengan cara tepat. Tetapi, ada banyak hal yang bisa memacu berlangsungnya keadaan ini, salah satunya: Kenali Penyebab Baby

Perombakan hormon
Sesudah melahirkan, berlangsung perombakan kandungan hormon yang cukup mencolok. Hormon estrogen dan progesteron pada tubuh akan turun. Ini bisa mengakibatkan perombakan kimia di otak dan memacu berlangsungnya perombakan situasi hati (mood swing). Kenali Penyebab Baby

Kesusahan menyesuaikan
Susah menyesuaikan dengan perombakan yang ada dan tanggung jawab baru selaku ibu menjadi pemicu baby blues. Banyak ibu baru yang berasa kerepotan untuk mengurusi segala hal sendiri, terhitung mengurusi keperluan Sang Kecil.
Kekurangan tidur
Transisi tidur bayi baru lahir yang belum teratur mengakibatkan ibu harus terbangun di malam hari dan mengambil alih banyak jam tidur mereka. Minimnya jam tidur terus-terusan akan membuat ibu kecapekan dan tidak nyaman. Perihal ini pula yang dapat memacu berlangsungnya baby blues.
Langkah Menangani Baby Blues
Baby blues biasanya akan raib sendirinya. Meskipun begitu, bila Anda merasakannya, keadaan ini perlu diatur secara baik. Banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk menangani baby blues ialah:
1. Tidak boleh bebani diri
Tidak boleh paksakan diri Anda untuk kerjakan segala hal sendiri. Lakukanlah apa yang mampu Anda lakukan. Jika Anda berasa kerepotan, bagus di dalam mengurusi Sang Kecil atau pekerjaan rumah, tidak boleh malu untuk minta kontribusi beberapa orang paling dekat yang dipercayai.
2. Tidur yang memadai
Yakinkan jam tidur Anda terpenuhi secara baik. Gunakan jam tidur Sang Kecil untuk Anda tidur. Bila Sang Kecil terjaga pada malam hari sebab mengompol dan Anda masih perlu tidur untuk mengembalikan tenaga, tidak boleh sangsi untuk minta kontribusi pasangan untuk menukar popok Sang Kecil dan mengawasinya sesaat.
error: Content is protected !!