Home » Kesehatan Gigi » Kenali Fobia Gelap dan Cara Mengatasinya

Kenali Fobia Gelap dan Cara Mengatasinya

Kenali Fobia Gelap Fobia ialah reaksi ketakutan yang terlalu berlebih dan tidak logis. Bila Anda mempunyai fobia, Anda kemungkinan alami rasa takut yang dalam atau cemas saat Anda hadapi suatu hal atau pikirkan mengenai hal sebagai sumber ketakutan Anda.

Ada beberapa tipe fobia, misalkan fobia pada benda spesifik, seperti darah atau benda tajam, fobia pada hewan spesifik, fobia laut atau takut terbenam, fobia naik pesawat terbang, sampai fobia gelap. Kenali Fobia Gelap

Pemicu dan Tanda-tanda Fobia Gelap
Takut akan kegelapan sering dirasakan oleh beberapa anak umur 2-8 tahun. Tetapi, tidak tutup peluang orang dewasa atau remaja memiliki. Selama ini, pemicu timbulnya fobia gelap belum tahu dengan cara tepat. Kenali Fobia Gelap

Tetapi, beberapa studi memperlihatkan jika orang yang mempunyai fobia kegelapan barangkali sempat alami peristiwa traumatis di lokasi yang gelap, hingga dia rasakan rasa takut yang luar biasa saat kembali ada di lokasi yang gelap.
Ada pula yang mengatakan jika timbulnya rasa takut ini berasal dari kecemasan terlalu berlebih sebab tidak dapat mengenal dan menyaksikan lingkungan disekelilingnya secara baik karena kegelapan.
Waktu ada di lokasi yang gelap, seperti pada bioskop, dalam kamar tanpa ada sinar, atau di rimba yang gelap saat malam hari, pasien fobia gelap bisa rasakan gejala-gejala fisik, misalnya:
Berlainan dengan rasa takut biasa, orang yang mempunyai fobia gelap dapat alami masalah jalani rutinitas setiap hari sebab rasa takut yang tidak dapat ditahan pada kegelapan.
Ketakutan yang terlalu berlebih pada kondisi gelap dapat membuat pasien fobia gelap merasa terhimpit dan tidak nyaman. Lebih jauh kembali, fobia gelap bahkan juga bisa mengakibatkan seorang alami insomnia.
Langkah Menangani Fobia Gelap
Bila Anda mempunyai fobia pada kegelapan, di bawah ini ialah banyak hal yang bisa dikerjakan untuk menangani fobia gelap, diantaranya:
Psikoterapi
Psikoterapi bisa menolong orang yang mempunyai fobia gelap untuk mengenali hati kuatir dan
mengubahnya dengan pemikiran yang lebih positif saat bertemu dengan pemrakarsa fobianya.
Salah satunya tehnik psikoterapi yang kerap dikerjakan untuk menolong menangani fobia gelap ialah therapy sikap kognitif.
Dengan tehnik psikoterapi ini, psikiater atau psikolog akan latih Anda agar memikir dengan tenang dan memberikan
pengetahuan jika ada di lokasi yang gelap tidak selamanya datangkan bahaya.
Therapy paparan (eksposur)
Therapy paparan mempunyai tujuan untuk menolong menantang fobia yang dipunyai, hingga Anda bisa mengatur rasa takut dan kuatir yang tampil. Sistem ini dikerjakan secara setahap dengan menjelaskan atau menghadapkan Anda dengan fobia yang Anda punyai.
Saat Anda siap, psikiater atau psikolog akan membantu Anda untuk bertandang ke lokasi yang gelap
dan latih Anda supaya tidak kembali takut ada dalam tempat itu.
Therapy rileksasi
Therapy rileksasi, seperti tehnik pernafasan dan yoga, dapat membuat Anda bertambah lebih tenang dalam hadapi ketakutan yang dirasakan. Disamping itu, therapy tipe ini menolong Anda mengatur depresi dan tanda-tanda fisik yang tampil karena fobia gelap.
Bila fobia gelap yang Anda rasakan tidak lebih baik dengan psikoterapi atau therapy paparan, karena itu dokter
bisa memberi resep obat penenang untuk bikin Anda berasa semakin tenang. Tetapi, pemakaian obat itu umumnya cuman untuk periode pendek.
error: Content is protected !!