Home » Kesehatan Tubuh » Jenis Cacat Mata Bawaan pada Bayi Baru Lahir

Jenis Cacat Mata Bawaan pada Bayi Baru Lahir

Jenis Cacat Mata Cacat bawaan atau abnormalitas kongenital adalah penyakit yang berasal dari masalah pembangunan organ atau kumpulan sel tubuh janin, hingga dia tercipta dengan masalah wujud atau peranan organ spesifik. Salah satunya organ yang bisa alami cacat bawaan ialah mata.

Tipe Cacat Mata Bawaan pada Bayi Baru Lahir
Walau cacat mata bawaan termasuk jarang ada, keadaan ini perlu tetap dicurigai sebab mempunyai potensi mengusik pandangan bahkan juga kebutaan. Di bawah ini ialah tipe cacat mata bawaan pada bayi baru lahir yang penting Anda kenali: Jenis Cacat Mata

1. Katarak kongenital
Katarak kongenital ialah penyakit cacat mata bawaan yang mengakibatkan kekeruhan lensa mata pada bayi yang berlangsung semenjak lahir. Penyakit mata bawaan ini bisa membuat sinar yang masuk di mata bayi terhambat, hingga pandangan bayi jadi kabur. Keadaan ini dapat berlangsung cuman pada salah satunya mata atau ke-2 mata bayi. Jenis Cacat Mata

Tidak seluruhnya katarak kongenital dapat mengusik pandangan bayi, biasanya katarak kongenital baru memunculkan permasalahan pada pandangan bayi kalau sudah kronis.

Meskipun begitu, katarak kongenital yang enteng bisa juga jadi makin lebih buruk dan mengakibatkan kebutaan jika tidak memperoleh pengatasan. Oleh karenanya, penyakit mata bawaan ini penting untuk dibawa ke dokter sedini kemungkinan agar selekasnya diatasi.

2. Glaukoma kongenital
Glaukoma kongenital ialah penyakit cacat mata bawaan pada bayi yang berlangsung saat saraf mata bayi alami kerusakan dan bengkak karena kenaikan desakan dalam bola matanya.
Bayi yang tercipta dengan cacat mata bawaan ini umumnya akan alami gejala-gejala berbentuk mata yang kerap berair, mata bayi terlihat lebam, kornea mata bayi terlihat kotor, dan bayi kerap tutup mata sebab peka pada sinar.
Penyakit yang umumnya memiliki sifat turunan ini bisa membuat bayi alami masalah pandangan. Jika tidak selekasnya diatasi, keadaan ini dapat mengakibatkan kebutaan pada bayi.
Untuk tangani penyakit cacat mata bawaan ini, dokter bisa lakukan operasi pada mata bayi. Tetapi, bila operasi tidak bisa selekasnya dikerjakan, dokter bisa memberi beberapa obat tetes mata atau obat minum pada bayi buat kurangi desakan pada bola matanya.
3. Retinopathy of prematurity (ROP)
Retinopathy of prematurity (ROP) adalah masalah mata yang banyak dirasakan oleh bayi prematur. Makin kecil berat tubuh bayi saat dilahirkan atau makin awalnya bayi dilahirkan, makin tinggi juga resikonya untuk terserang ROP.
Keadaan ini mempunyai potensi membuat retina bayi berkembang secara tidak normal, hingga perannya terusik dan memunculkan masalah pandangan atau bahkan juga kebutaan.
Pengatasan ROP bergantung tingkat keparahannya. Pada ROP yang termasuk enteng, penyembuhan kemungkinan tidak dibutuhkan sebab keadaan ini dapat lebih baik sendirinya.
Tetapi, jika ROP yang dialami bayi telah termasuk kronis, pengatasan yang pas ialah perlakuan operasi. Beberapa sistem yang dapat dikerjakan untuk tangani ROP yang kronis ialah bedah laser dan bedah beku atau krioterapi.
error: Content is protected !!