Home » Hidup Sehat » Informasi Perkembangan Janin 28 Minggu dan Perubahan Tubuh Ibu

Informasi Perkembangan Janin 28 Minggu dan Perubahan Tubuh Ibu

Informasi Perkembangan Janin Janin yang tetap berkembang dan tumbuh di kandungan Bumil adalah salah satunya penanda jika kehamilan berjalan baik. Di bawah ini ialah beberapa parameter perubahan janin 28 minggu yang penting Bumil kenali:

1. Berat badan janin makin bertambah
Pada minggu ini, bayi dalam kandungan ibu telah seukur buah nanas atau terong yang besar. Umumnya, berat tubuh janin 28 minggu telah capai lebih dari 1 kg, dengan panjang tubuh lebih kurang 37-38 cm. Informasi Perkembangan Janin

2. Status kepala janin berbeda
Perubahan janin 28 minggu diikuti adanya perombakan status kepala. Pada minggu ini, status kepala bayi telah ada dibagian bawah kandungan dan menghadap jalan lahir. Untuk pastikan tempatnya, dokter dapat lakukan pemeriksan fisik dan pendukung berbentuk USG untuk mengawasi letak dan keadaan janin. Informasi Perkembangan Janin

Tetapi, Bumil tidak perlu cemas jika dalam minggu ini status kepala bayi masih di atas (letak sungsang), sebab janin masih mempunyai waktu seputar tiga bulan kembali untuk mengganti tempatnya.

3. Otak janin berkembang cepat
Di umur kehamilan 28 minggu, ukuran kepala bayi terus akan makin bertambah bersamaan perkembangan jaringan otak yang paling cepat. Ada miliaran sel saraf baru yang tercipta, hingga ukuran otak bayi bertambah 3x lipat di trimester ke-3 kehamilan.
Tidak itu saja, peranan indra penciuman, pendengaran, dan penglihatannya juga makin bertambah. Pada minggu ke-28 ini, janin telah sanggup mengedipkan mata dan bulu matanya juga mulai tumbuh.
4. Paru-paru mulai berperan
Saat sebelum masuk kehamilan trimester ke-3 , janin masih bernapas dengan kontribusi ibunya lewat tali pusat dan plasenta.
Masuk umur 28 minggu, paru-paru janin telah tercipta dengan lumayan baik, hingga janin mulai belajar bernapas memakai paru-parunya sendiri. Dalam step ini, bayi peluang bisa bertahan hidup walau tercipta prematur, namun keadaannya masih lumayan kurang kuat untuk dapat berada di luar kandungan.
5. Organ lain makin berkembang
Masuk trimester ke-3 , susunan lemak di badan janin makin bertambah. Ini membuat kerutan di kulitnya menyusut dan kulit janin makin lembut.
Perkembangan rambut janin masih tetap lagi berjalan, rambutnya makin banyak serta lebih panjang dari mulanya. Tulang-tulangnya juga telah makin tercipta, walau masih lunak dan akan betul-betul mengeras sesudah lahir nanti.
error: Content is protected !!