Home » Olahraga » Gejala Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri yang Perlu Diwaspadai

Gejala Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri yang Perlu Diwaspadai

Gejala Sakit Punggung Kecuali luka, timbulnya merasa sakit pada salah satunya segi punggung bisa juga berasal dari banyak hal lain, misalkan masalah saraf dan tulang belakang, radang persendian tulang belakang, atau masalah pada ginjal.

Sakit Punggung Samping Kanan atau Kiri yang Perlu Dicurigai
Sakit punggung samping kanan maupun kiri perlu dicurigai bila tampil bertepatan dengan gejala-gejala berikut: Gejala Sakit Punggung

1. Ngilu menyebar ke anggota badan lain Gejala Sakit Punggung

Bila rasa ngilu menebar sampai ke tempat paha, lutut, dan kaki keadaan ini peluang berasal dari saraf terjepit (HNP) atau skiatika. Kecuali menyebar ke anggota gerak badan sisi bawah, ngilu punggung karena saraf terjepit bisa juga menyebar ke dada dan lengan.

2. Mati rasa

Bila ngilu punggung tampil bertepatan dengan tanda-tanda kesemutan atau mati rasa di lengan, tangan, paha, atau kaki, karena itu keadaan ini perlu selekasnya dibawa ke dokter.

Keluh kesah itu bisa saja berasal dari abnormalitas atau masalah saraf yang berat pada tulang belakang, seperti HNP, persempitan rongga tulang belakang, saraf terjepit, dan tumor pada saraf atau rongga tulang belakang.

3. Ngilu waktu buang air kecil

Ngilu punggung samping kiri atau kanan yang mengakibatkan ngilu waktu buang air kecil bisa saja mengisyaratkan ada batu ginjal. Jika tanda-tanda itu tampil dan tanda-tanda lain, seperti demam, pipis berdarah, dan susah meredam buang air kecil, bisa saja hal itu adalah tanda-tanda infeksi pada aliran kemih dan sisi disekelilingnya, misalkan infeksi ginjal, infeksi panggul, atau infeksi kandungan kemih.
4. Susah bergerak
Bila sakit punggung tampil dan kekurangan atau kelumpuhan pada salah satunya kaki atau ke-2 nya, bahkan juga sampai membuat Anda
berasa susah bangun dari bangku atau tempat tidur, karena itu ini bisa saja adalah tanda-tanda dari sindrom cauda equina.
Kecuali ngilu punggung dan kekurangan pada kaki, sindrom cauda equina dapat memunculkan tanda-tanda kesemutan atau mati rasa di
punggung yang menyebar sampai ke kaki, susah mengatur buang air besar atau kecil, sampai sulit ereksi.
Sindrom cauda equina adalah abnormalitas sangat jarang yang berasal dari ada kerusakan pada kelompok saraf tulang belakang. Penyakit ini dapat berasal dari saraf terjepit, luka, infeksi, sampai tumor pada tulang belakang.
5. Ngilu waktu membungkuk
Jika sakit punggung samping kiri atau kanan berasa makin ngilu waktu batuk atau membungkuk, bisa saja keluh kesah ini berasal dari spasme
otot tulang belakang, luka pada otot atau persendian tulang belakang, saraf terjepit, atau radang persendian tulang belakang.
6. Ngilu perut
Tidak boleh acuhkan jika sakit punggung samping kiri atau kanan berasa menyebar sampai ke perut. Apa lagi bila sampai mengakibatkan mual dan muntah dan ngilu makin berat saat perut didesak.
Keluh kesah ini adalah tanda-tanda dari radang usus buntet yang perlu selekasnya dibawa ke dokter. Kalau sudah kronis, radang usus buntet dapat mengakibatkan usus buntet pecah dan mengakibatkan peritonitis. Bila tidak selekasnya diatasi oleh dokter, keadaan ini bisa memberikan ancaman nyawa.
error: Content is protected !!