Home » Blog » Bunda dan Ayah Perlu Tahu Cara Mencegah Obesitas pada Anak

Bunda dan Ayah Perlu Tahu Cara Mencegah Obesitas pada Anak

Bunda dan Ayah Perlu Beberapa hal yang biasa mengakibatkan kegemukan pada anak ialah kurang aktif bergerak karena kerap main handphone dan rutinitas konsumsi makanan tinggi kalori yang miskin akan gizi (junk food) atau minuman manis. Disamping itu, kegemukan pada anak bisa juga berasal dari factor turunan.

Bermacam Langkah Menahan Kegemukan pada Anak
Cara-cara yang dapat Bunda dan Ayah kerjakan untuk menahan Sang Kecil alami kegemukan ialah: Bunda dan Ayah Perlu

1. Ajak Sang Kecil untuk teratur olahraga
Menurut riset, teratur ajak anak olahraga sepanjang 150 menit per minggu atau lebih kurang 20 menit setiap hari bisa dibuktikan berguna untuk menahan kegemukan. Ini sebab olahraga dapat membakar kalori dan lemak pada tubuh. Bunda dan Ayah Perlu

Kecuali olahraga, Bunda dan Ayah bisa juga ajak Sang Kecil bermain di taman atau berjalan kaki di seputar rumah, minimum 1 jam setiap hari.
2. Beri Sang Kecil makanan bergizi
Beri Sang Kecil makanan bergizi yang kaya serat, protein, dan rendah kalori, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak atau low fat, ikan, daging, dan makanan yang dibuat dari gandum.
Jauhi memberi Sang Kecil makanan gorengan atau makanan siap sajian yang memiliki kandungan banyak kalori. Awasi mengonsumsi makanan manis, makanan paket yang mengandung garam
(sodium/natrium) yang tinggi, dan minuman yang banyak terkandung gula, terhitung juice paket.
Menurut riset, anak yang kekurangan tidur lebih beresiko untuk alami kegemukan. Oleh karenanya, Bunda dan Ayah perlu pastikan Sang Kecil memperoleh tidur yang memadai.
Anak berumur 3-5 tahun memakan waktu tidur sekitar 11-13 jam,
sedang jam tidur untuk anak berumur 6-13 tahun ialah 9-11 jam.
Bila Sang Kecil sulit dibawa tidur, coba untuk lakukan satu ritus saat sebelum tidur, seperti
membacakannya narasi, menurunkan lampu kamar, lalu menyanyikannya lagu pengantar tidur.
4. Tidak boleh menempatkan tv atau handphone di kamarnya
Kecuali mengganggu kenyamanan tidur Sang Kecil, menempatkan tv atau handphone di kamar bisa juga tingkatkan resikonya untuk alami kegemukan, lho. Bila tv atau handphone ditempatkan di luar kamar
, peluang Sang Kecil untuk melihat tv atau bermain game sampai tengah malam makin lebih kecil.
Janganlah lupa untuk batasi pemakaian handphone pada anak, optimal 2 jam setiap hari.
Untuk menahan kegemukan pada anak, jatah dan waktu makan anak perlu ditata. Upayakan supaya Sang Kecil tidak makan dalam jatah besar sekalian dan tidak makan mendekati jam tidur. Disamping itu, lakukan Sang Kecil untuk makan di meja makan, tidak boleh sekalian melihat atau bermain handphone.
Bila Sang Kecil alami kegemukan atau mempunyai berat tubuh berlebihan, Bunda dan Ayah dapat konsultasi sama dokter anak. Dokter akan mengecek kesehatan Sang Kecil dan memberi program pengurangan berat tubuh yang sama dan aman. Jika memang perlu, Sang Kecil akan ditunjuk ke dokter specialist nutrisi untuk penataan diet.
error: Content is protected !!